Sunday, 1 September 2013

REPORT TEXT



Tujuan
Report text bertujuan untuk mendokumentasikan, menyusun dan merekam informasi faktual mengenai suatu topic. Report mengkalsifikasikan dan menggambarkan suatu fenomena di dunia
Report berbeda dengan Descriptive: report menceritakan satu kelompok secara keseluruhan. Jadi focus dari Report adalah sekelompok dari sesuatu (a class of things). Misalnya, kalau report membicarakan “Cats” satu kelompok binatang  maka Descriptive akan menjelaskan satu binatang yang sangat spesifik, misalnya kucing yang merupakan binatang peliharaan kita.

Jenis
a.  Report yang dipakai dalam kegiatan sehari-hari seperti report mengenai cuaca, berita, sampai laporan penelitian
b.   Report yang spesifik yang dipakai untuk memberikan informasi mengenai satu kelompok atau kelas tertentu, apakah itu binatang, tumbuhan atau benda mati

Struktur Organisasi
1.        Opening general ststement/general classification
Pada aspek ini dipaparkan apa yang akan diceritakan tentang yang ada di dunia ini. Bagian ini biasanya menjelaskan klasifikasi
2.        Fakta tentang beberapa aspek yang dilaporkan
Bagian ini menggambarkan beberapa hal berkenaan dengan apayang dilaporkan, seperti ciri-ciri fisik, perilaku, warna, tempat hidup, cara makan. Semua aspek dipaparkan dan diurutkan mulai dari yang paling penting sampai ke yang kurang penting

Report biasanya memasukan diagram, foto, dan ilustrasi untuk menjelaskan teks dan mungkin dilengkapi tabel.

Linguistic Features
1.        Yang digambarkan bersifat umum (sekelompok benda atau orang tertentu)
2.   Menggunakan beberapa kata kerja action ketika menggambarkan perilau sesuatu atau binatang
3.        Menggunakan “liking verbs” (is, are, has, have, belongs to)
4.        Menggunakan timeless present tense
5.  Menggunakan bahasa deskriptif tetapi factual dan precise, bukan imajinatif untuk menyampaikan gagasan mengenai :
a.         What they look like (colour, shape, size, etc)
b.         What they have (body parts, components, etc)
c.          What they do (habit, behaviour, functions, uses, etc)
6.        Sangat memungkinkan mengandung kata-kata teknis
7.  Menggunakan banyak bahasa yang dipakai untuk mendefinisikan, mengklasifikasikan, membandingkan dan membedakan (are called, belong to, can be classified as, are similar to, are more powerful than)
8.   Ditulis dalam gaya formal dan obyektif. Penggunaan kata ganti I dan We dan pendapat penulis biasanya tidak dipakai dalam jenis tulisan ini.
(Cited from Emi Emilia, 2011:87-88)

No comments:

Post a Comment