Tujuan
Report text bertujuan untuk mendokumentasikan, menyusun
dan merekam informasi faktual mengenai suatu topic. Report mengkalsifikasikan
dan menggambarkan suatu fenomena di dunia
Report berbeda dengan Descriptive: report menceritakan
satu kelompok secara keseluruhan. Jadi focus dari Report adalah sekelompok dari
sesuatu (a class of things). Misalnya, kalau report membicarakan “Cats” satu
kelompok binatang maka Descriptive akan
menjelaskan satu binatang yang sangat spesifik, misalnya kucing yang merupakan
binatang peliharaan kita.
Jenis
a. Report yang dipakai dalam
kegiatan sehari-hari seperti report mengenai cuaca, berita, sampai laporan
penelitian
b. Report yang spesifik yang dipakai
untuk memberikan informasi mengenai satu kelompok atau kelas tertentu, apakah
itu binatang, tumbuhan atau benda mati
Struktur Organisasi
1.
Opening general ststement/general
classification
Pada aspek ini dipaparkan apa yang akan diceritakan
tentang yang ada di dunia ini. Bagian ini biasanya menjelaskan klasifikasi
2.
Fakta tentang beberapa aspek yang
dilaporkan
Bagian ini menggambarkan beberapa hal berkenaan dengan
apayang dilaporkan, seperti ciri-ciri fisik, perilaku, warna, tempat hidup,
cara makan. Semua aspek dipaparkan dan diurutkan mulai dari yang paling penting
sampai ke yang kurang penting
Report biasanya memasukan diagram, foto, dan ilustrasi
untuk menjelaskan teks dan mungkin dilengkapi tabel.
Linguistic Features
1.
Yang digambarkan bersifat umum
(sekelompok benda atau orang tertentu)
2. Menggunakan beberapa kata kerja
action ketika menggambarkan perilau sesuatu atau binatang
3.
Menggunakan “liking verbs” (is, are, has,
have, belongs to)
4.
Menggunakan timeless present tense
5. Menggunakan bahasa deskriptif tetapi
factual dan precise, bukan imajinatif untuk menyampaikan gagasan mengenai :
a.
What they look like (colour, shape, size, etc)
b.
What they have (body parts, components, etc)
c.
What they do (habit, behaviour, functions, uses, etc)
6.
Sangat memungkinkan mengandung
kata-kata teknis
7. Menggunakan banyak bahasa yang
dipakai untuk mendefinisikan, mengklasifikasikan, membandingkan dan membedakan
(are called, belong to, can be classified
as, are similar to, are more powerful than)
8. Ditulis dalam gaya formal dan
obyektif. Penggunaan kata ganti I dan We dan pendapat penulis biasanya tidak
dipakai dalam jenis tulisan ini.
(Cited from
Emi Emilia, 2011:87-88)
No comments:
Post a Comment